Tutorial CATIA V5

TUTORIAL CATIA V5

07JUL
CATIA V5 adalah rilis terbaru dari perangkat lunak lama CAD 3D dari Dassault Systemes. Ini adalah rilis penuh pertama akan tersedia pada platform PC (NT). Ada banyak perubahan selama berbasis UNIX sebelumnya V4. Ini demonstrasi cepat akan menjelaskan satu pendekatan dasar untuk desain 3D.
Lihat produk desain 3D CAD CAM CNC perangkat lunak PLM
CATIA Sketcher: BEBERAPA FUNGSI YANG DIGUNAKAN
Tambahkan Lingkaran oleh CtrPtLingkaranTambahkan KendalaMemaksa
barisBarisTinggalkan SketcherKeluar Sketcher
Edaran ArcEdaran ArcMemangkasMemangkas
  1. Model penciptaan padat objek 3D menjadi lebih mudah. Untuk memulainya, kita harus menggunakan Workbench yang ‘Mechanical Design’. Kami ingin menciptakan segmen busur dan tengah horizonal untuk permukaan revoltion kemudian. Seperti CATIA V2 – V4, penciptaan geometri wireframe dimulai dengan pemilihan pesawat. Kami akan memilih pesawat ZX untuk diri kita sendiri. Pilih pesawat langsung dari layar atau dari pohon Produk. Dalam kedua kasus, unsur yang dipilih harus disorot untuk menunjukkan mereka telah dipilih.
  2. pesawat
  3. Skets dapat dimulai pada bidang yang dipilih dengan Workbench ‘Sketcher’. Layar akan berubah menjadi grid 2D, dan ikon-ikon skets harus apear pada toolbar. Kami ingin segmen busur kami dekat dengan sumbu, tapi stll cukup datar – Radius 205mm dengan centerpoint 200mm jauh dari sumbu H ..
  4. Kami pertama-tama menarik centerline horizonal kami untuk permukaan kemudian kita tentang revolusi. Kami menarik garis horizonatal baik di bawah sumbu (H) orizontal. Kita dapat menentukan jarak dari sumbu H dengan menggunakan fungsi CONSTRAINT dan kemudian memilih baris kami dan (H) sumbu orizonal. Dimensi kendala hijau mewakili jarak akan muncul. Gunakan tombol kiri mouse untuk memperbaikinya dalam posisi.
  5. Klik dua kendala jarak baru. Sebuah kotak dialog akan muncul. Masukkan dimensi Radius “200” (milimeter).
    Sekarang kita ingin menciptakan segmen busur kami.
  6. 03_sketch
 METODE 1 (Menggunakan Potong):
Salah satu cara untuk membuat segmen busur adalah untuk memangkas lingkaran untuk titik akhir. Kami membuat lingkaran dengan fungsi “LINGKARAN”. Menggunakan CONSTRAINT, kami akan menentukan diameter 410mm (R205mm), dan distrance dari 200mm antara sumbu (H) orizonal dan centerpoint lingkaran.
Kami akan membuat dua garis vertikal dan menggunakan “TRIM” fungsi untuk membuat segmen busur kami.
  1. Buat dua garis vertikal yang memotong lingkaran di atas.
  2. 04_trim
  3. Membatasi jarak a) antara dua garis vertikal langsing dan b) antara satu dari dua baris trim dan sumbu (V) ertical. Tentukan jarak antara sumbu (V) ertical dan satu memangkas jalur di 25mm, dan jarak 50 antara duabaris langsing sendiri.
  4. Klik icon TRIM, maka lingkaran dan satu baris trim. Ulangi proses dengan satu detik.
Anda mungkin harus juga membatasi jarak ‘0 ‘antaracenterpoint lingkaran dan sumbu V.
METODE 2 (Menggunakan ARC dan SmartPick):
Metode di atas telah dibahas sehingga Anda akan seperti mothod berikutnya bahkan lebih :-). Menggunakan tombol ‘CTRL’, banyak entitas dapat dipilih sekaligus untuk menetapkan kendala. Ini adalah kunci nyata untuk menetapkan kendala SIMETRIS banyak.
1. Anda harus menemukan fungsi ARC (itu mungkin bersembunyi di bawah LINGKARAN sub-panel). Kami akan memilih titik akhir kiri tengah kami untuk centerpoint busur segmen kita. Tarik mouse ke atas, di atas sumbu orizontal (H), dan klik tombol kiri mouse untuk membuat segmen busur.
2. Tambahkan radius membatasi ke segmen busur baru dengan memilih dan mengklik ikon Membatasi. Gunakan tombol kiri mouse untuk memperbaiki posisi kendala itu.
3. Klik dua kendala radius baru. Sebuah kotak dialog akan muncul. Masukkan dimensi Radius “205” (milimeter).
4. Pilih fungsi membatasi dan kedua ujung segmen busur kami. Setelah memperbaiki posisi kendala dalam ruang kerja, mengubah nilainya menjadi “50”.
5. Menggunakan tombol CTRL (atau Strg), memilih kedua titik akhir dari segmen busur lagi. Sambil menahan tombol CTRL, pilih juga sumbu (V) ertical. Pilih fungsi kendala. Sebuah kotak dialog daftar kendala yang tersedia akan muncul. Pilih ‘Simetri’.
Ini dengan cepat menetapkan apa yang kita inginkan: sebuah sement R205 busur dengan panjang horizontal 50, menggunakan sumbu (V) ertical sebagai baris kami simetri.
CATIA menciptakan busur



















Sumber:
https://lolowijanarko.wordpress.com/2012/07/07/tutorial-catia-v5-2/

0 comments: